Jumat, 01 April 2016

Hidayah Dikejar, Bukan Ditunggu

وَقَالَ إِنِّي ذَاهِبٌ إِلَى رَبِّي سَيَهْدِينِ
 
"Dan Ibrahim berkata: "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku." (As-Saffat: 99)

Berhijrah itu berpindah dari zona maksiat kepada zona solih. Dengan hidayah akan muncul sikap mental dan pemikiran yang baik. Sebenarnya kita diminta sedikit saja untuk menggapai hidayah. Jika hati tertup maka hidayah tidak akan masuk, ibarat gelas yang tertutup yang gak mungkin masuk air ketika cerek mengeluarkan airnya.Dengan berhijrah justru membuat hidup lebih merdeka dan kebahagiaan hidup lebih disempurnakan.

Salman (Sakti Sheilla on 7) dulu shalatnya jarang, sekolahnya di sekolah kristen
sehingga shalat jum'atan terlalaikan. Salman mendapatkan hidayah saat membaca "Menjemput Sakaratul Maut bersama Rasulullah" akhirnya mulai tidak meninggalkan shalat. 

Kenikmatan dunia ibarat tetesan air di tangan ketika dicelup ke samudra lautan. Teteasan dari tangan itulah kebahagiaan dunia. Luasnya air samudera itulah kebahagiaan akhirat. Setelah berhijrah, Salman dimudahkan dalam pernikahannya dan diundang Allah ke Baitullah. Menurutnya jika ada niat untuk berhijrah maka kita akan menemui 1000 jalan. Jika tak ada niat maka akan ada 1000 alasan. Orang tua Salman awalnya khawatir dengan perubahan yang dialami Salman.

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)


Salman saat ini berjualan distro online. Aktif pula di kegiatan keislaman. Harapannya untuk selalu berjamaah dengan orang-orang soleh. Belajar dari kambing yang selalu berjamaah sehingga jarang yang tertabrak, berbeda dengan tikus yang berlari sendiri-sendiri sehingga kerap terlindas.

Selain Salman, Silvana Hermanpun berhijrah. Menurutnya hidayah harus kita ambil bukan ditunggu. Selanjutnya Ana memperbaiki akhlaknya. Ana kerap ditawari sinteron Islami namun perannya sebagai wanita tak berhijab.

Pun dengan Yusuf Islam (Cat Steven) sang legenda musisi  yang berhijrah. Yusuf Islam sejak remaja sudah sukses. Karena terkena tumor karena miras dan narkoba. Akhirnya ia mempelajari berbagai agama. Namun tetap tidak menemukan kebahagiaan. Suatu hari Ssaudara laki-lakinya yang baru pulang dari Yerussalem memintanya membaca terjemahan Qur'an. Disitulah hidayah Allah datang.

Setelah berhijrah pasti akan mendapatkan ujian. Ujian tersebut ibarat kegelapan malam yang gak selamanya akan gelap karena esok hari matahari yang akan merobek kegelapan tersebut. Ketika berhijrah awalnya akan engalami zona asing yang uncomvert. Nikmati saja. karena dulu Islam awalnya juga asing. Setelah berhijrah harus rela meninggalkan dunia masa lalu. Hambatan setelah berhijrah akan mudah dihadapi.

Banyak yang mengaku sebagai hamba Allah dan pengikut Rasul namun hati tidak mampu mengikuti kebenaran hakiki. Kebenaran hakiki itulah yang disebut hidayah. Salman al-farisi adalah sahabat Rasul yang berusaha meraih hidayah. Salman adalah pemuda yang taat beragama Majusi. Selalu merasa hampa dari agama Majusi. Hati kecilnya berontak, mulai tidak sepaham, kemudian tertarik dengan Nasrani yang dibawa pedagang dari Syam.

Menganut Nasrani, Salman menemui ganjalan dari sang syah sehingga oleh ayahnya sendiri dijadikan sebagai budak. Salman mendapatkan informasi bahwa akan datang seorang Nabi dari Arab yang akan membebaskan dirinya dari kesesatan batin. Salman bertemu Rasulullah, kemudian dibebaskan dari budak. Akhirnya menjadi muslim.

Hidayah adalah milik Allah dan mahal harganya. Hidayah anugerah terindah dari Allah.

أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.(QS.al-baqarah: 5)



Dalam al-Quran ada 171 Ayat yang menjelaskan hidayah. Dalam hadits ada 52 hadits yang menjelaskan hidayah. Ada empat hidayah, antara lain:
  1. Hidayah i'tiqodiyah, 
  2. Hidayah thariqiyah, 
  3. Hidayah 'amaliyah, 
  4. Hidayah Fitrihiyah, yaitu kecenderungan alami dalam mentauhidkan Sang Pencipta.
Tanpa hidayah mustahil selamat dunia dan akhirat. Bersyukurlah atas anugerah hidayah yg telah Allah berikan kepada kita. Dalam menjalani kehidupan ini maka gunakanlah kaca mata al-Qur'an. Jangan mengikuti jalan orang-orang yang dilalaikan qalbunya.
Kisah seorang pembunuh 99 orang yang bertanya kepada guru yang salah yang akhirnya membunuh guru tersebut sehingga genap 100 orang. Kemudian pergi lagi bertemu guru yang bijaksana yang akhirnya diminta berhijrah ke kampung yang lebih baik dari kampung asalnya. Ketika meninggal dalam perjalanan hijrahnya maka terhitung surga baginya.


Berhijrah itu mudah dan murah. tinggal membuka hati. jangan pernah ragu dan jangan tunda lagi.


وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (An-Nisa’: 100)
---

Program Makna & Peristiwa TVOne, Senin-Jumat 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar NasirSalman al-Jugjawy (Sakti Gitaris Sheilla on 7), Silvana Herman (Artis), Zeezee Shihab
 
Disarikan oleh Maryulisman

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya