Tangan Di Atas Lebih Baik dari Tangan Di Bawah


#‎Pengemis‬
Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Perbuatan meminta merupakan perbuatan menghinakan diri kepada makhluk. Hiduplah dengan berorientasi memberi, karena dengan gemar memberi memudahkannya untuk menjadi mulia di sisi Allah. 



عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ

Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.”

#‎Pengemis‬
Sikap mulia Marshanda yang tidak malu dengan kondisi ayahnya yang menjadi pengemis, perlu dicontoh. Namun selanjutnya harus punya prinsip dalam memberikan sedekah lebih diutamakan kerabat terdekat terlebih dahulu.

#‎Pengemis‬
Diriwayatkan dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا زَالَ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ، حَتَّى يَأْتِيَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِيْ وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ.

“Seseorang senantiasa meminta-minta kepada orang lain sehingga ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya”.
Inilah para ‪#‎pengemis‬ berpenghasilan jutaan rupiah.
1. Dede Cahyana, mengemis dalam dua hari mendapat 2 juta.
2. Edi di Banjar, lansia asal Kudus, yang kesehariannya mengiba dengan membawa gerobak, membawa uang belasan juta.
3. DI Aceh ada pengemis yang berpenghasilan jutaan rupiah, punya HP dan passport, namun uangnya digunakan untuk berjudi

Desa Pemasok ‪#‎pengemis‬ yaitu Grinting, Brebes, Jawa Tengah. Mengemis musiman setiap lebaran mengemis di Jakarta, pekerjaan aslinya adalah petani. Pemerintah memang belum melakukan pembinaan.

Di Jakarta ada dua kategori ‪#‎pengemis‬, yaitu:
1. Pengemis yang karena tekanan ekonomi
2. Koordinator pengemis yang memanfaatkan anak2 untuk mencari uang.
 
Mereka mengemis, mereka dirazia. Koordinator pengemis bisa kena pidana trafficking. Untuk ‪#‎pengemis‬ anak2 akan dibina oleh Dinas Sosial. Ada pengemis yang tidak mau menerima sesuatu yang bukan uang. Karena uang yang diterimanya akan digunakan untuk membeli narkoba.

Belajar dari do'a selamat

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَسْاَلُكَ سَلاَمَةً فِي الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِي الْجَسَدِ وَزِيَادِةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ...

Jika ingin hidup selamat dunia akhirat maka tahapannya:
1. Benerin agama dulu
2. Perbaiki jasadnya, fisik sehat
3. Cari ilmu
4. Menjemput rizki yg berkah


Agar memperoleh rizki yang berkah maka bertasbihlah setiap pagi dan sore hari.

Al Ahzab Ayat 41-42

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (٤١) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

41. Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah dengan menyebut (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,
42. dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang
Bekerja sambil bertasbih

Ada orang yang malu meminta walau dalam kondisi kekurangan karena ingin menjaga kemuliaannya. Ada juga yang sedang fisabilillah. Mereka menampakkan seperti orang kaya. Kita seharusnya yang menawarkan bantuan terlebih dahulu kepada mereka. Teladani kisah sahabat Nabi, Said bin Amir Al-Jumahi, pemimpin Bersahaja, seorang gubernur yang miskin.

Pejabat haram meminta komisi atas proyek pekerjaannya. Jika terpaksa nyogok karena dizholimi, maka yang lebih berdosa adalah yang makan uang sogokannya.

Lebih baik uang mengemis untuk selanjutnya dijadikan modal untuk usaha. Jangan memberikan uang langsung kepada pengemis, lebih baik kepada lembaga agar tepat sasaran. Mereka yang mengemis secara umum karena kekurangan ekonomi, disabilitas, dan ketiadaan skill. Maka lembaga-lembaga sosial yang ada harus ikut bekerjasama dalam memberentas pengemis.
---

Program Makna & Peristiwa TVOne, Senin-Jumat 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Teuku Wisnu, Meri (Mantan Anak Jalanan), Mursidin (Kasudin Dinas Sosial Jakarta Selatan)
 
Disarikan oleh Maryulisman
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour
Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Kuku kakiku Hampir Terlepas