Sabtu, 26 Maret 2016

Penyebaran Islam Periode Madinah

Alhmdulillah, pengajian rutin bapak-bapak di musholla Al-Hamda RT 01 RW 03 Jabon Mekar Parung Bogor sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan yang lalu. Pengajian dilaksanakan setiap hari Jumat ba'da shalat maghrib hingga waktu Isya.


Sebelum penyampaian materi kajian, jamaah yang hadir terlebih dahulu membaca surat Yaasiin secara berjamaah yang dipimpin langsung oleh saya sendiri. Materi yang disampaikan mengambil sumber rujukan dari buku Panduan Praktis Muslim yang ditulis oleh Fahad Salim Bahamman.

Malam tadi adalah penyampaian materi tentang Penyebaran Islam yang berada di Bab 1 tentang keimanan seorang muslim. Materi tetsebut membahas tentang pengenalan terhadap Nabi Muhammad saw yang termasuk dalam Sub Bab Kesaksian bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah.

Materi yang terdapat dalam Pengenalan Nabi Muhammad saw antara lain membahas kelahirannya; Kehidupan dan pertumbuhannya; diutus sebagai Nabi; permulaan dakwah; hijrah; penyebaran Islam; dan terakhir yaitu wafatnya.

Dalam era penyebaran Islam di Madinah, Nabi Muhammad saw membangun kekokohan peradaban Islam. Tidak ada pemisahan antara urusan dunia dengan urusan akhirat. Nabi Muhammad saw sebagai pemimpin umat Islam juga sebagai pemimpin masyarakat Madinah yang tidak hanya menganut agama Islam tapi juga ada penganut Yahudi dan Nasrani.

Adanya piagam Madinah yang telah disepakati oleh Masyarakat Islam, Yahudi dan Nasrani menjadikan kehidupan yang harmonis. Ketika Piagam Madinah diacuhkan maka yang terjadi adalah Perpecahan masyarakat bahkan perangpun terjadi karena ada masyarakat yang anti Islam. Namun atas janji Allah yang akan memenangkan agama dan Rasul-Nya maka peperangan-peperangan yang terjadi kebanyakan dimenangi oleh umat Islam. Pada akhirnya mayoritas agama pada saat itu di Jazirah Arab yaitu Islam. Bahkan masyarakat Mekahpun berbondong-bondong masuk Islam dengan ikhlas.

-MYM-

Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an
Jual Susu Kambing Etawa
Klik GOMARS

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya