Rabu, 30 Maret 2016

Gonjang Ganjing Harta Gono Gini

“Berimanlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian hartamu yang Allah telah menjadikanmu menguasainya. Maka, orang-orang yang beriman di antaramu dan menafkahkan sebagian hartanya memperoleh pahala yang besar.”
(QS. Al-Hadid:7)

#‎HartaGonoGini‬

Islam ajarkan musyawarah pembagian harta gono gini. Dari awal lebih baik menghindari perceraian. Perlu adanya pencatatan harta istri dan harta suami. Bagi laki2 ada bagian hartanya sesuai dengan usahanya. Bagi perempuan ada bagian hartanya sesuai dengan usahanya. Harus ada kesepakatan dengan adanya harta bersama.


Harta haram misalnya bunga bank sebaiknya diberikan untuk kepentingan sosial, pembangunan jalan atau taman misalnya. harta haram jangan dinafkahi untuk pasangan. Dalam pembagian harta gono gini bisa pula disesuaikan dengan 'urf masyarakat setempat asal dan tidak melanggar syari'at.

Harta Gono Gini pascaperceraian, anak-anak harus lebih diperhatikan. Harta kita selama berumah tangga adalah hak anak. orang tua hanyalah menjaga amanah. Bagi yang poligami dan bercerai maka perlu juga ada kesepakatan harta bersama. Jelaskan hartanya milik istri yang mana.

Selesaikan konflik dalam rumah tangga dengan cara yang baik. tidak perlu ngotot antara pasangan. Perceraian jangan sampai melepas silaturahim. Bercerai hanya merubah status. Dalam Islam pernikahan itu berdasarkan agama bukan hanya negara. Termasuk istri siri tetap mendapatkan harta gono gini. Tapi tetap perlu berusaha mendaftarkan ke KUA. Kewajiban menafkahi anak masih berlaku walaupun sudah cerai. Nafkahi anak sampai bisa mencari rizki sendiri.

Ketika duda dan janda menikah dengan membawa anak masing-masing maka kewajiban menafkahi anak perlu adanya kesepakatan. tetap dilihat kemampuan orang tuanya. Jika anaknya yatim maka itu menjadi tambahan pahala bagi yang menafkahinya. Ketika anak masih balita maka ibunya yang perlu mengasuh, kecuali ibunya yang bermasalah misal karena narkoba. tergantung juga kesepakatan keluarga besarnya.

Perlu memahami hukum Islam dalam pernikahan. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan orang bijak. Jangan gengsi karena setan akan menyukai pasangan yang akan bercerai. Setiap masalah pasti dapat diselesaikan.

---

Program Makna & Peristiwa TVOne, Senin-Jumat 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Sunan Kalijaga (Pengacara), Andi Soraya (Artis), Zeezee Shihab
 
Disarikan oleh Maryulisman
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour
Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya