Kamis, 26 Juli 2012

Ada al-Qur'an yang Salah Cetak



Baru kali ini saya melihat al-Qur’an yang salah dalam menuliskan nomor ayatnya. Al-Quran tersebut adalah cetakan CV.Bin Syu'aib Putra Semarang. Mendapatkan tashih pada tahun 2008. Terjadi kesalahan pada halaman 173. Setelah ayat 69, dalam al-Qur’an tersebut dilanjutkan dengan ayat 60 kembali hingga ayat 69. Setelah ayat 69 langsung ke ayat 80. Jadi tidak ditulis ayat 70-79 dan memang tidak ada angka 70-79. Untuk teks ayatnya Alhamdulillah tidak terjadi kesalahan. Teks ayat ke 70 sudah benar, hanya nomor ayatnya yang salah.



Setidaknya, jika ada yang diminta membaca ayat 70 sampai 79 maka ia akan bingung, karena dalam surat tersebut tidak ada ayat 70. Berikut saya foto dari al-Qur’an tersebut.




Oh ya, kabarnya jika di Arab Saudi melihat al-Qur'an cetakan Indonesia, maka al-Qur'an tersebut dianggap remeh. Begitukah?


4 komentar :

  1. kalo saya ngga tau apa bener org2 saudi begitu, tapi yang pasti cetakan indonesia ini memang jauh dari kata bagus buat saya. hehe. sepanjang ngaji qur'an dr kecil ampe skarang saya banyak merasakan susah kalo ngaji make mushaf cetakan indonesia, saya lebih suka make mushaf madani yang cetakan timteng yang sesuai aturan percetakan resmi; 1 lembar 15 baris, 1 juz 1o lembar.

    cetakan timteng lebih bagus, tulisannya halus, harokatnya pas diatas hurufnya, tanda waqofnya pun ngga ngaco, dsb.

    tapi kalo cetakan indonesia, masyaAllah. saya kan juga ngajar ngaji anak2 dirumah. kebanyak anak2 make mushaf yang cetakan indonesia. dan kebanyakan kesalahan itu bukan gara2 si anak yang ngga tau, si anak udah ngerti tapi tulisan di mushafnya itu yang ngaco, tulisannya tebel-tebel, hurufnya dimana ahrokatnya dimana, waqofnya juga, jadi anak2 banyak yang salah baca gara2 emang mushafnya itu yang cetakannya jelek.

    wallahu A'lam.. just sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Zarkasih, saya juga menggunakan Qur'an Mushaf utsmani sejak belajar Tahsin Tilawah di tahun 2009. Setelah dipelajari lebih lanjut Qur'an Mushaf Ustmani ini, sama dengan belajar tajwid. Qur'an cetakan indonesia yang pake warna-warni untuk menandakan hukum bacaan, sebenarnya sama dengan harokat atau tanda-tanda yang ada di Qur'an mushaf utmani yang sudah sangat detail ya...

      Hapus
    2. Penerbitnya teman saya dan dia mengatakan terima kasih atas pemberitahuannya dan diberitahukan juga bahwa sdh direvisi dan apabila ada pertanyaan silahkan hubungi Bp.Abd Razaq 0878 320 655 90~081325733770

      Hapus
    3. Oh ya, sama-sama pak. Lantas bagaimana dengan Qur'an yang telah beredar. Apa bisa diganti dengan yang cetakan baru?

      Hapus

Terima Kasih atas komentarnya