Jumat, 10 Februari 2012

Training Menghapal Cepat Bersama Mas Ardi

Seluruh peserta training tertawa terbahak-bahak juga terkekeh-kekeh. Seorang trainer meminta para peserta training untuk mengikuti gerakan sang trainer. Gerakan yang cukup sulit bagi yang belum terbiasa menggerakannya. Tangan kanan peserta diminta membentuk angka satu dan tangan kirinya membentuk pistol. Setelah itu diganti sebaliknya, tangan kiri membentuk angka satu dan tangan kanan membentuk pistol. Terus dilakukan berulang-ulanag. Ternyata memang cukup sulit, peserta malah membentuk angka satu di kedua tangannya atau membentuk pistol di kedua tanggannya.

Adsense Indonesia
Itulah awal acara dari Taraining Menghapal Cepat yang diselenggarakan oleh LDK UIN Jakarta, pada Kamis, 08 Desember 2011. Dengan mendatangkan seorang trainer muda berusia 24 Tahun, Ardi Gunawan, SLI (Mas Ardi). Sayang sekali saya belum bertanya apa kepanjangan dari SLI itu? Dan juga apakah ia sudah menikah?

sebelum materi disampaikan Mas Ardi berusaha mencairkan suasana dengan berbagai macam permainan tangan. Banyak permainan yang diberikan dengan tujuan melatih otak kanan. Selain permainan yang seperti sudah dijelaskan di atas, masih ada permainan seru lainnya. Diantaranya menepuk kepala dengan tangan kiri dan tangan kanannya mengelus-elus perut, kemudian melakukan sebaliknya. Juga ada permainan tangan dimana tangan kirinya menyatukan jempol dengan kelingking dan tangan kirinya menyatakan jempol dengan telunjuk. Lagi dan lagi, peserta dibuat tertawa karena kerap kali melakukan kesalahan.

Sebelum menyampaikan teknik untuk bisa mengahapal dengan cepat, Mas Ardi menunjukkan kebolehannya dalam menghapal 20 benda dalam waktu 20 detik. Ternyata hasilnya sangat menakjubkan, Mas Ardi bisa mnghapalnya secara berurutan. Untuk memastikannya, Mas Adi meminta peserta untuk memintanya menyebutkan benda secara acak. Juga ada peserta yang meminta Mas Ardi menyebutkannya dari nomor urut paling bawah keatas. Bahkan Mas Ardi meminta peserta untuk menuyebutkan angka ganjil dan Mas Ardi akan menyebutkan nama bendanya.

Dengan memperlihatkan kemampuan Mas Ardi dalam menghapal cepat, membuat peserta semakin tertarik dan ingin segera mengetahui cara menghapal dengan cepat. Kini saatnya Mas Ardi menyampaikan teknik untuk bisa menghapal dengan cepat.

Mas Ardi menyebutkan empat teknik untuk bisa menghapal dengan cepat, diantaranya:
1. Site system, yaitu mengkotak-kotakan apa yang akan kita hapalkan.
2. Relation system, yaitu dengan menghubungkan apa yang telah kita kotak-kotakkan dengan menambahkan kata kerja.
3. Story system, yaitu membuat cerita dari daftar kata-kata yang akan kita hapalkan
4. Association system, yaitu dengan mengasosiasikan apa yang akan kita hapalkan dengan kata yang sangat mudah.

Terbukti, dengan menerapkan teknik-teknik diatas, peserta dapat menghapal dengan cepat. Mas Ardi membanggakan peserta karena peserta dapat menghapal lebih cepat dari dirinya. Sebelum acara ditutup, Mas Ardi mengajak peserta untuk merenungkan kehidupannya yang banyak melakukan kesalahan dan kekalaian selama ini. Tak terasa air mata peserta tiba-tiba mengalir cukup deras. Sungguh training yang sangat bermanfaat.

2 komentar :

  1. Mas Boleh Minta No Hp nya gak
    Tolong KIrim ke email saya ya di : rizkycell05@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Udah saya kirim via email ya

    BalasHapus

Terima Kasih atas komentarnya